Yogyakarta
- Halo kawan pembaca setia Asomia, kali ini kita mau bahas tentang E-Commerce.
Ada yang tahu apa itu E-Commerce? E-Commerce merupakan sebuah kegiatan untuk
melakukan proses jual beli barang atau jasa melalui World Wide Web, ataupun
hanya seputar melakukan tukar menukar informasi melalui jaringan informasi atau
internet. Istilah e-commerce pada umumnya disebut sebagai perdagangan online
karena bekerja melalui internet. E-commerce banyak digunakan diberbagai
perusahaan didunia mengingat dengan cara ini mereka akan lebih menghemat waktu
dan juga biaya dalam pengikalan produk mereka.
Aplikasi
e-commerce sendiri memiliki beberapa bidang yaitu saham, pekerjaan, pelayanan,
asuransi, pemasaran dan periklanan, lelang, hiburan dan masih banyak lagi
karena tema yang dimuat masing-masing perusahaan berbeda-beda. Pada umumnya
bidang yang paling diminati adalah Online Publishing karena bidang ini akan
mengangkat tema sebuah produk melalui berita, surat kabar, majalah, Koran dll.
Salah satu Online Publishing terbaik dunia yaitu BBC.co.uk, CNN.com dll. Mereka
memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menyampaikan informasi yang mereka
terima melalui internet.
E-commerce
tentulah sangat berpengaruh bagi sebuah perusahaan untuk saat ini karena hampir
semua bidang yang ada di dunia ini menggunakan e-commerce dalam pemasaran
produk mereka ataupun hanya membuat berita agar mereka di ketahui khalayak
banyak. E-commerce dapat memperluas market place yang tentunya tidak terbatas
baik nasional maupun internasional. Dengan demikian sebuah perusahaan dengan
biaya minim dapat menemukan pelanggan sebanyak-banyaknya. Selain itu e-commerce
mampu untuk menekan biaya pembuatan, pemrosesan, distribusi, penyimpanan dan
pencarian sehingga membuat kinerja menjadi lebih baik dan lebih unggul.
Dengan
ini sebuah perusahaan tidak perlu lagi menggunakan iklan banner besar untuk
beriklan, untuk promosi dan tidak perlu membuang banyak uang untuk menggaji
para sales untuk berkeliling, sehingga sebuah perusahaan akan menjadi lebih
baik, produktifitas karyawan meningkat, partner bisnis baru bisa mudah di
temukan, akses informasi menjadi lebih cepat dan mudah serta fleksibilitas
sebuah perusahaan akan bertambah menjadi lebih baik.
Keuntunga
juga tak melulu pada perusahaan saja namun juga kepada konsumen mengingat
dengan e-commerce kita mampu menggait pelanggan untuk berbelanja selama 24 jam
full. E-commerce tentunya juga memberikan lebih bayak pilihan kepada konsumen
untuk memilih produk sesuai dengan ada yang merekan inginkan.
Perusahaan
yang sukses dengan rancangan e-commerce adalah DELL, pada tahun 1999 DELL mampu
untuk menjual atau menghasilkan 1,7 juta dollar amerika per hari dengan
menggunakan model e-commerce. Di samping itu, DELL juga mengalami kenaikan
saham menjadi 2000% dalam dua tahun, yang di nobatkan menjadi perusahaan
penjual PC terbesar di dunia.
Yah,
mungkin itu sedikit tentang e-commerce semoga bermanfaat.
Source : Buku : strategi periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia 'M.Suyanto'